Bahasa Indonesia English
SEKILAS INFOMou dan Kuliah Tamu British Institue Technology akan dilaksanakan Pada Tgl 8 Februari 2017 Yudisium Program Pascasarjana akan dilaksanakan Pada Tgl 9 Februari 2017

Visi dan Misi

Bookmark and Share

Visi :

Terwujudnya Pascasarjana yang unggul dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan  Seni  Berbasis Riset Melalui   Penguatan Sumber Daya dan Kelembagaan Tahun  2025.

Misi :

  1. Memiliki keunggulan dalam bidang riset sesuai dengan disiplin ilmu yang dinamis dan berdaya saing tinggi.
  2. Terpacunya semangat dan percepatan PPs-Unkhair dalam pengembangan Tridharma sesuai  kaidah keilmuan  pada program studi yang ada.
  3. Terselenggaranya proses pendidikan yang bermutu dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Memperkokoh tata kelolah kelembagaan dan penjaminan mutu di PPs-Unkhair  yang berbudaya akademik dan profesional.

 

Program Pascasarjana Universitas  Khairun Ternate  (PPs - Ukhair) sebagai bagian integral dari Universitas Khairun, berkewajiban untuk mewujudkan visi-misi institusi melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, visi-misi PPs - Unkhair dikembangkan berdasarkan visi, misi dan tujuan institusi secara kelembagaan dengan mempertimbangkan/menerima berbagai masukan/informasi tentang aspek-aspek spesifik yang relevan dengan penyelenggaraan pendidikan magister yang diperoleh dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal.

Sumber informasi eksternal berasal dari stakeholders (pengguna lulusan seperti instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah, perbankan, perguruan tinggi, profesional dan masyarakat umum dan pihak lainnya yang terkait)  yang secara garis besar informasinya meliputi 3 (tiga) aspek kebutuhan utama dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi yaitu kebutuhan Industri, kebutuhan Masyarakat dan kebutuhan Profesional. Sedangkan sumber informasi internal berasal dari civitas akademika (dosen, mahasiswa dan staf) dengan ruang lingkup informasi yang diserap berdasarkan 4 (empat) aspek pertimbangan yaitu ranah ilmu pengetahuan, karakteristik mahasiswa, kebutuhan akreditasi dan sumberdaya institusi

Visi dan Misi Pascasarjana Universitas Khairun disusun dengan berpedoman pada visi misi Universitas Khairun dan berdasarkan tuntutan pelayanan kepada masyaraakat dan mahasiswa dalam konteks Tridharma Perguruan Tinggi. Langkah pertama yang dilakukan adalah Direktur PPs Unkhair membentuk Tim dengan SK Direktur Pascasarjana Nomor: 047/UN44.C8/PS/2013 tentang Tim penyusun Renstra Pascasarjana (Lampiran 1.1) dengan mengundang stakeholder.  Visi Misi Tujuan dan Sasaran PPS Unkhair disusun dengan melibatkan berbagai pihak antara lain pihak internal dan pihak eksternal. Pihak internal teridiri Pimpinan Universitas, pimpinan Pascasarjana, Dekan dan Pembantu Dekan, Dosen dan tenaga kependidikan. Sedangkan pihak eksternal, seperti instansi pengguna, perusahaan, alumni dan masyarakat umum.

Langkah Kedua Hasil  masukan, informasi dan pertimbangan tersebut menjadi referensi bagi tim pekerja  untuk menyusun draf visi, misi, tujuan dan sasaran pascasarjana. Selanjutnya draf tersebut disosialisasikan ke seluruh komponen civitas akademika dan tenaga kependidikan melalui berbagai media dan forum. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran tersebut termuat dalam profil Pascasarjana Universitas Khairun yang terdapat dalam buku pedoman PPs, terpasang pada ruang-ruang strategis di lingkungan pascasarjana, serta tercantum dalam website pascasarjana, brosur, dan leaflet. Selain itu sosialisasi bagi dosen dan kependidikan juga dilakukan melalui forum rapat pascasarjana dimana setiap proses yang direncanakan diberi batasan yang mengarah pada visi, misi dan tujuan.    

 Visi Unit Pengelola Program Studi Magister 

Terwujudnya Pascasarjana yang unggul dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi,dan  Seni  Berbasis Riset Melalui Penguatan Sumber Daya dan Kelembagaan Tahun  2025.

Unggul artinya PPs Unkhair mampu menghasilkan SDM yang memiliki daya saing nasional maupun internasional, relevan dengan kebutuhan Stakeholders, berwawasan kebangsaanberbasis IPTEKS  sesuai dengan standar  nasional pendidikan.

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni berarti, PPs Unkhair mampu mengembangkan IPTEKS dalam pembelajaran berbasis riset maupun publikasi, dan dimanfaatkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berbasis Riset berarti Pps Unkhair menciptakan proses pembelajaran yang mengarah pada aktivitas analisis, sintesisi, dan evaluasi serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal asimilasi dan aplikasi pengetahuan.

Penguatan sumber daya dan kelembagaan, artinya PPs mampu meningkatkan dan pemantapan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sehingga berfungsi secara optimal demi tercapainya tujuan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara efektif dan efisiensi, akuntabel, dan transparan dalam rangka membangun tata kelola yang baik.(Good post graduate gaverment)

Misi unit Pengelola Program Studi Magister

  1. Memiliki keunggulan dalam bidang riset sesuai dengan disiplin ilmu yang dinamis dan berdaya saing tinggi.
  2. Terpacunya semangat dan percepatan PPs-Unkhair dalam pengembangan Tridharma sesuai  kaidah keilmuan  pada program studi yang ada.
  3. Terselenggaranya proses pendidikan yang bermutu dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Memperkokoh tata kelolah kelembagaan dan penjaminan mutu di PPs-Unkhair  yang berbudaya akademik dan profesional.

    Tujuan unit Pengelola Program Studi Magister

  1. Menghasilkan sumber daya manusia   yang bermutu, unggul dan berkemampuan tinggi yang berbasis riset.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam pengembangan khasanah ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni yang bermuara pada peningkatan daya saing bangsa.
  3. Menghasilkan SDM sesuai dengan tuntutan perubahan dalam rangka memecahkan persoalan masyarakat, bangsa dan Negara.
  4. Menjadikan tata kelolah kelembagaan PPs -Unkhair   yang berbudaya, bermartabat dan bertata kelola yang baik  (good post graduate governance).

1.1.2      Sasaran dan strategi pencapaian

Sasaran:

 A.  Sasaran bidang pendidikan dan pengajaran :

  1. Peningkatan jumlah lulusan yang menyelesaikan studi magister tepat waktu.
  2. Peningkatan mutu atmosfir akademik disetiap unit kerja.
  3. Peningkatan ragam soft skill lulusan dengan sprit selalu menjadi yang terdepan dalam bersaing di tingkat daerah dan nasional.
  4. Peningkatan mutu program studi melalui jalinan kerjasama berkelanjutan dengan perguruan tinggi lain, sektor swasta, pemerintah dan lembaga-lembaga internasional.
  5. Meningkatkan kualitas proses belajar mengajar termasuk menghadirkan dosen tamu dari perguruan tinggi lain dan praktisi birokrasi dan dunia usaha.

 B.  Sasaran bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat:

  1. Meningkatkan alokasi sumber-sumber pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersumber dari Unversitas Khairun maupun dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
  2. Peningkatan jumlah serapan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  baik dari pemerintah, sektor swasta  dan lembaga internasional.
  3. Peningkatan jumlah penelitian dosen dengan keterlibatan mahasiswa pada setiap program studi maupun lintas program studi.
  4. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah hasil penelitian dosen di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional yang bereputasi.
  5. Peningkatan jumlah hak paten oleh dosen dan mahasiswa melalui penelitian.
  6. Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat menggerakan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 C.  Sasaran bidang sumber daya manusia:

  1. Peningkatan persentase dosen bergelar doktor di setiap program studi
  2. Peningkatan kapasitas tenaga pendidik (dosen) melalui berbagai kegiatan ilmiah (seminar nasional dan internasional).
  3. Tersedianya tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi di bidang administrasi perkantoran  dan laboratorium.
  4. Terpenuhinya rasio idial tenaga pendidik dan mahasiswa serta rasio tenaga kependidikan dan dosen.

 D.  Sasaran bidang sarana dan prasaran

  1. Pengembangan gedung kuliah dan perkantoran untuk mencapai standar pelayanan prima.
  2. Pengembangan ruang dan fasilitas kuliah dan penelitian sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh badan standar nasional pendidikan.
  3. Pengembangan sarana dan prasarana pelayanan administrasi dan kerjasama untuk mencapai standar pelayanan yang prima.
  4. Pemeliharaan/perbaikan sarana prasarana secara berkelanjutan.

 E.  Sasaran bidang tata kelola, keuangan dan aset

  1. Pengembangan sistem manajemen mutu terpadu meliputi penetapan standar leyanan, monitoring asesmen dan evaluasi yang efektif dan efisien yang didukung teknologi informasi yang baik.
  2. Penggunaan aset secara efisien  dan efektif mengacu pada prosedur operasi  baku.
  3. Peningkatan jumlah kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri sebagai salah satu sumber pendapatan institusi.
  4. Meningkatkan efektivitas dan efesiensi serta koordinasi pelaksanaan kerjasama.

 Strategi

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran program pascasarjana untuk menghasilkan lulusan yang berbudi pekerti dan berdaya saing.
  2. Membangun akademik atmosfir yang kondusif dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi dan paten yang bernilai ekonomis.
  3. Memfasilitasi dosen dan tenaga kependidikan dalam studi lanjut dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di bidang akademik dan manajerial.
  4. Mengembangkan infrastuktur, sarana dan prasarana yang memenuhi standar nasional pendidikan untuk meningkatkan pelayanan akademik dan kerjasama dengan pihak lain.
  5. Mengembangkan sistem manajemen mutu terpadu yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan, pengendalian, pengarahan dan pengorganisasian.

 Program Kerja

  1. Pembukaan program studi magister baru (program studi teknik sipil, teknik arsitek, pengelolaan lingkungan, ilmu-ilmu pertanian, ilmu pendidikan sosial, program studi pendidikan matematika, pendidikan biologi, akuntansi dan bahasa inggris) dan program doktor ilmu manajemen dan ilmu hukum.
  2. Peningkatan peran dan fungsi yang lebih luas dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) Pascasarjana Unkhair.
  3. Peningkatan profesionalisme dosen dan tenaga kependidikan.
  4. Pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang menunjang peningkatan mutu proses perkuliahan, penelitian dan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat.
  5. Pengelolaan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersumber dari dalam negeri dan luar negeri.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi.
  7. Peningkatan partisipasi sebagai narasumber pada kegiatan seminar, konfrensi nasional dan internasional.
  8. Pengembangan Pelayanan sistem informasi untuk mendukung manajemen dalam proses perencanaan dan pengendalian kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  9. Peningkatan mutu dan kuantitas kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga lainnya di dalam dan di luar negeri.   

 

Kontak Admin
Online Support1Support1
Online Support2Support2
Statistik

048161

Pengunjung hari ini : 42
Total pengunjung : 14253
Hits hari ini : 75
Total Hits : 48161
Pengunjung Online : 2
Ip :
Browser :
Web Link